• 14 Agustus 2023
  • 628 Pembaca

BAKTI SOSIAL TAHAP I RSIA DEDARI KUPANG, LAKUKAN PEMERIKSAAN USG GRATIS DI PUSKESMAS BAKUNASE

Para Ibu hamil antusias mengikuti pemeriksaan USG (Ultrasonografi) yang ditangani oleh dr. D. A. A. Shanti Widyasari Sp.OG di Ruang KIA Puskesmas Bakunase. RSIA Dedari rutinmelaksanakan Bakti sosial (Baksos) agar lebih dekat dan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Tahap I Baksos tanggal 12 Agustus kemarin, sebanyak 29 Ibu hamil yang telah mendaftarkan diri mengikuti Pemeriksaan USG gratis dan disertai dengan pembagian vocher USG gratis. Vocher ini dapat digunakan oleh para ibu hamil saat kunjungan rawat jalan berikutnya di RSIA Dedari Kupang.

Pihak RSIA Dedari selalu mengupayakan agar kegiatan pemeriksaan USG gratis seperti ini dapat diadakan di lain kesempatan untuk dapat menjangkau lebih banyak ibu hamil di wilayah Puskesmas Bakunase. Karena banyak ibu hamil yang belum sempat mendapatkan pelayanan, maka akan dilakukan Baksos tahap kedua. Pihak Puskesmas Bakunase yang mengapresiasi kerja sama ini, berharap pada 29 Agustus nanti Baksos Tahap 2 dapat berjalan dengan lancar.

Periksaan USG merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang diwajibkan pada ibu hamil dan dapat dilakukan semenjak usia 7 minggu kehamilan. Ibu diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan USG 1 kali pada setiap trimester sehingga paling kurang menjalani 3 kali pemeriksaan USG selama masa kehamilan.

Pemeriksaan ini bertujuan, untuk memastikan posisi janin dalam rahim, memeriksa detak jantung janin, mengetahui kondisi kehamilan kembar, memeriksa kelainan pada janin dan rahim yang mungkin dapat menghambat jalan lahir.

Apabila memembutuhkan informasi lebih lanjut tentang USG atau ibu hamil mengalami gejala dan masalah kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan bidan atau dokter spesialis kandungan.

dr. D. A. A. Shanti Widyasari Sp.OG adalah dokter spesialis kandungan full timer di Poli Obgyn RSIA Dedari Kupang dapat ditemui pada pada hari Senin-Jumat pukul 11.00 – 14.00 WITA dan 19.30--21.00 WITA dan hari Sabtu 10.30--14.00 WITA. Info lebih lanjut dapat menghubungi bagian Registrasi RSIA Dedari Kupang 081353092778.

   

 

Komentar