• 15 Juni 2023
  • 290 Pembaca

DEDARI GOES TO SCHOOL

 

RSIA Dedari Kupang melakukan Kegiatan “Dedari Goes to Schooll” di SMP Kristen Citra Bangsa Kupang Rabu, 14 Juli 2023. Program ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh RSIA Dedari Kupang di sekolah- sekolah yang ada di Kota Kupang, degan tujuan membangun kesadaran baik secara fisik maupun psikis dan mencegah terjadinya gangguan jiwa sejak dini bagi remaja
Narasumber yang berkenan memberikan materinya pada kegiatan ini adalah dr. D.A.P Shinta Widari Sp.KJ., MARS yang merupakan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa di RSIA Dedari dan di Klinik Utama Jiwa Dewanta Mental Healthcare (DMH) Kupang, menyampaikan bahwa memasuki pubertas, remaja mengalami berbagai perubahan signifikaan secara fisik, kognitif, dan sosial. Perubahan-perubahan yang dialami membuat remaja rentan terjerumus kedalam pembullyan dan kenakalan remaja. Namun, jika memiliki pemahaman yang benar akan diri, menggunakan waktu untuk mengasah bakat dan keterampilan, dan mengikuti kegiatan-kegiatan positif dapat membuat remaja terhindar dari hal-hal negatif tersebut.
Masalah kesehatan mental yang dialami oleh remaja dan dibiarkan tanpa penanganan serius dapat mengagganggu kehidupan sehari-hari remaja dan berlanjut menjadi gangguan jiwa seperti kecemasan, kecanduan gadget, gangguan tidur, depresi. dr. D.A.P Shinta Widari Sp.KJ., MARS juga menghimbau pentingnya melakukan screening atau deteksi dini sehinggga remaja dapat mengetahui kondisi kesehatan jiwa. Apabila remaja ingin melakukan konsultasi dapat dilakukan Klinik Utama Jiwa DMH atau RSIA Dedari.
Kepala SMP Kristen Citra Bangsa Kupang Ibu Jublina Gah S.Th., M.Pd.K mengapresiasi Pihak RSIA Dedari atas kegiatan sosialisasi ini yang bertepatan saat siswa/i telah menyelesaikan ujian akhir semester sehingga seluruh siswa dapat hadir. Beliau melihat besarnya sisi positif dari Kegiatan “Dedari Goes to Schooll” tidak dilaksanakan sekali saja, namun dapat terus dilakukan secara rutin.

Komentar