• 23 Juni 2023
  • 678 Pembaca

dr. D. A. P. Shinta Widari, Sp.KJ, MARS : KENALI STRES AGAR TIDAK BERLANJUT MENJADI GANGGUAN JIWA

 
Selasa, 22 Juni 2023, dr. DAP Shinta Widari Sp.KJ., MARS berkesempatan menjadi salah satu pembicara dalam rangkaian kegiatan In House Training Kurikulum Merdeka SMP Citra Bangsa Mandiri Kupang. Di hadapan 57 guru yang hadir saat itu, dr. Shinta mengungkapkan definisi sehat tidak hanya secara fisik saja namun jiwa (pikiran dan perasaan) juga harus sehat. Ketika seseorang merasakan gejala fisik seperti sakit kepala, maag, batuk, ataupun demam yang tidak kunjung reda maka orang tersebut segera menemui dokter.
Hal ini berbanding terbalik bila seseorang merasakan sedih berkepanjangan, tidak bisa tidur malam, tidak nafsu makan secara terus menerus, maka orang tersebut cenderung diam dan menutup diri daripada menemui dokter. Gejala-gejala tersebut mengindikasikan seseorang sedang mengalami stress.
dr. Shinta menambahkan pekerjaan sebagai guru tidak luput dari stres. Banyak hal yang dapat menyebabkan stres bagi guru, diantaranya beban kerja yang berat, kurikulum yang berubah-ubah, konflik dengan rekan kerja, ataupun penyesuaian terhadap sistem teknologi terbaru.
Agar tetap produktif guru harus melakukan manajemen stres. Guru perlu untuk mengenali diri sendiri dengan baik, istirahat yang cukup, mengatur waktu bekerja secara efektif, melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan selalu berusaha berpikiran positif.
Stres dalam tahap tertentu dibutuhkan dan itu normal, tetapi jika sampai mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari berarti orang tersebut memerlukan pertolongan. Bila tidak segera ditangani, stres dapat menjadi kecemasan, depresi, maupun gangguan jiwa berat bahkan keinginan untuk bunuh diri.
Jika seseorang memiliki keinginan untuk bunuh diri jangan dianggap sepele karena itu berarti ia membutuhkan bantuan. Masih banyak orang yang salah paham bila datang ke Psikolog atau Psikiater berarti dianggap “gila”. dr. Shinta mengatakan datanglah ketika gejala masih ringan dan berkonsultasi supaya tidak mengalami gangguan jiwa.
Sahabat Setia Dedari yang merasakan stres berkepanjangan atau gejala-gejala gangguan kejiwaan jangan ragu untuk segera berkonsultasi. dr. DAP Shinta Widari Sp.KJ., MARS adalah Psikiater di Poli Kejiwaan RSIA Dedari Kupang dapat ditemui setiap hari Kamis 15.00 - 17.00 WITA, atau ke Klinik Jiwa Dewanta Mental Healthcare di hari Senin – Sabtu pukul 09.00 – 14.00 WITA.

 

Komentar