• 03 Agustus 2023
  • 308 Pembaca

PERAN PENTING KELUARGA DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK oleh dr. Shinta Widari, SpKJ di MPLS SMPK Citra Bangsa

 

Jumat 21 Juli 2023, Untuk ketiga kalinya dr. DAP Shinta Widari SpKJ, MARS menyambangi SMP Citra Bangsa Mandiri Kupang. Di hadapan siswa baru kelas VII dan para orang tua yang hadir pada penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dr. Shinta menyampaikan “Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter Anak”

Keluarga adalah tempat berlindung, mencari rasa aman, serta saling berbagi rasa cinta. Meskipun merupakan kelompok terkecil di masyarakat, 60% perilaku anak dipengaruhi oleh keluarga. Lingkungan pertama yang dikenal anak adalah keluarga, guru pertama yang dikenal anak adalah keluarga (ibu), masa emas (golden age) anak dihabiskan bersama keluarga.

Tidak dapat dipungkiri, dengan bertambahnya usia, anak dapat terpengaruh oleh pergaulan dengan teman sebaya, hingga akhirnya rumah dan sekolah tidak lagi menjadi tempat yang nyaman bagi anak. Anak sering menghabiskan waktu diluar rumah, kadangkala anak menjadi pemarah dan tidak mendengarkan nasihat orang tua maupun guru.

dr. Shinta menjelaskan, agar keluarga tetap harmonis dan sehat jiwa, orang tua dan anak perlu saling menghargai dan saling percaya. Cara lainnya yaitu, dengan memiliki waktu untuk makan bersama dan bercakap-cakap untuk menekspresikan perasaan anak.

Keharmonisan dapat diraih dengan manajemen stres yang baik. Ketika orang tua maupun anak tidak mampu mengelola stres yang ada, melampiaskan kepada anggota keluarga yang lain akan menimbulkan perpecahan dan konflik dalam keluarga.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk manajemen stres yaitu, punya waktu tidur malam yang cukup, olahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi, selalu berusaha bepikiran positif, melakukan hobby yang menyenangkan, melakukan meditasi, serta beribadah.

Pihak RSIA Dedari Kupang mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin selama ini dan menantikan kegiatan-kegiatan berikutnya. Mengakhiri penyampaian materi, Ibu Jublina Gah S.Th., M.Pd.K selaku Kepala SMP Citra Bangsa Mandiri Kupang menyerahkan cinderamata kepada dr. DAP Shinta Widari SpKJ, MARS.

Komentar